Info Kampus

Berita dan Kegiatan

Telepon

Akademik kampus


Muhammad Irvan, S.Kom | tanggal 12 Nopember 2017

Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

“Bila ingin mendalami pengetahuan teori-teori yang selalu muncul dalam perdebatan sehari-hari seperti inflasi, neraca pembayaran, penganggaran ataupun kesejahteraan masyarakat, Ekonomi Pembangunan dapat memberi jawabannya.”

Ekonomi Pembangunan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana masyarakat mengalokasikan berbagai sumber daya (alam, manusia, modal, energi, lingkungan dan teknologi) yang jumlahnya terbatas. Tujuan Program Studi ini adalah untuk menghasilkan sarjana ekonomi pembangunan yang mampu bersaing di pasar Internasional, serta berkemampuan untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan ekonomi makro dan tingkat sektoral.

Prodi Ekonomi Pembangunan menawarkan 145 SKS, dengan 5 bidang peminatan, yaitu :

  1. Ekonomi Keuangan dan Perbankan diarahkan untuk memahami pola operasional kegiatan bank dan lembaga keuangan lain dengan penekanan pada berbagai kasus yang terjadi di Indonesia.
  2. Ekonomi Moneter membantu mahasiswa mengerti peranan uang pengaruhnya terhadap perekonomian, serta fungsi dan peranan bank central sehingga mampu menganalisis dan memecahkan fenomena-fenomena yang ada pada perekonomian makro, seperti masalah penganguran, inflasi dan pertumbuhan ekonomi.
  3. Ekonomi Industri mempelajari perilaku perusahaan dalam suatu industri dan berbagai kebijakan pemerintah dalam mengatur pasar dalam suatu industri, misalnya dalam menentukan harga jual produk, melakukan iklan penelitian dan pengembangan, serta membuat jaringan pemasaran.
  4. Perdagangan Internasional membantu mahasiswa agar mampu menganalisa dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di bidang perdagangan internasional, misalnya ekspor impor, investasi, kegiatan perusahaan multinasional, dll
  5. Ekonomi Publik melalui peminatan ini mahasiswa dapat mempelajari fungsi dan peranan pemerintah dalam perekonomian yang tercermin dalam kebijkasanaan anggaran belanja pemerintah.

Untuk mendukung proses perkuliahan tersedia laboratorium komputer dengan berbagai program aplikasi dan fasilitas internet, perpustakaan dengan buku serta jurnal terbitan dalam dan luar negeri termasuk jurnal elektronik Ebsco dan Proquest.

Lulusan Program Studi Ilmu Ekonomi dapat tampil sebagai perancang pembangunan di masa datang, baik di daerah maupun di pusat serta industri maupun perusahaan. Peluang kerja dapat diraih dalam semua posisi di perusahaan swasta, BUMN, atupun BUMD, selain dapat menekuni profesi dosen, peneliti, dll.


Berita & Pengumuman


Kegiatan Buka Bersama (BUKBER) di Mesjid Ar-rahman STIE Mujahidin Tolitoli yang di selenggarakan oleh Mahasiswa Pecint

20 Mei 2019 | Berita

Tiem Safari Ramadhan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mujahidin Tolitoli yang kedua kalinya yang di Ketuai langsung ol

20 Mei 2019 | Kegiatan

Kesepahaman dan kerja sama ini dihadiri oleh Ibu Agustin Vita Avantin, Selaku Kepala kantor wilayah direktorat jenderal

29 Maret 2019 | Berita